Rabu, 12 Oktober 2016

Mengupas Sistem Informasi dan Teknik Informasi

Holaa !! 

             Apa itu sistem informasi ? Berbedakah dengan istilah yang sering kita dengar – teknologi informasi ? Dua istilah yang sudah cukup akrab di pikiran kita, terutama teknologi informasi. Pun sudah cukup akrab, masih banyak orang yang bertanya perbedaan di antara keduanya, terutama calon mahasiswa baru yang akan memilih jurusan apa yang nanti digelutinya selama lebih kurang 4 tahun ke depan. Tapi tulisan ini tidak hanya untuk memberi gambaran bagi para camaba tentang ilmu komputer yang digelutinya kelak. Tulisan ini bagi semua orang yang ingin mengetahui ada apa dengan sistem informasi dan teknologi informasi.




Ilmu Komputer

        Mari kita mulai dari ilmu komputer. Apa itu ilmu komputer ? Ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari komputer. Dah. Selesai.

                                                                          Hehehe...

            Mengutip dari Wikipedia, ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software), juga topik seperti analisis abstrak algoritma dan bahasa pemrograman.  Secara disiplin ilmu, ilmu komputer lebih menekankan kepada pemrograman komputer dan rekayasa perangkat lunak.  Adapun prinsip dasar ilmu komputer diambil juga dari tesis Church-Turing (selain mesin Turing dan komputer von Neumann), yang menyatakan bahwa semua alat  komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda.

Mesin Turing dan penciptanya, Alan Turing

             Mesin Turing bukanlah mesin seperti mesin yang kita tahu ada bentuk fisiknya, melainkan sebuah model komputasi matematis. Dengan mesin Turing, om Alan Turing cukup menggunakan mesin Colossus (ini baru mesin yang ada fisiknya) untuk memecahkan kode Enigma secara otomatis tanpa perlu membuat hitung-hitungan. Mesin Turing terkenal dengan ungkapan “Apapun yang bisa dilakukan oleh Mesin Turing pasti bisa dilakukan oleh komputer”. Banyak orang dari ranah ilmu komputer juga mengakui bahwa mesin Turing sesuai untuk menentukan apakah suatu fungsi dapat diselesaikan oleh komputer alias computable function.

             Dari mesin Turing, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ilmu komputer lahir karena adanya masalah (kompleks) yang ingin diselesaikan menggunakan daya yang sedikit. Dan memang benar demikian dalam implementasinya. Dengan menggunakan ilmu komputer kita bisa mengobrol dengan keluarga atau teman tanpa terbatas jarak dengan Whatsapp, LINE, atau yang sedang naik daun – Telegram Messenger. Dengan ilmu komputer perusahaan bisa menyimpan banyak berkas digital dengan teratur dan dapat diakses dengan mudah sewaktu-waktu. Jangan lupa video game seperti DoTA, Pokemon Go, DreadOut, Street Fighter dan banyak lagi ada karena pembuatnya memakai ilmu komputer. Singkat kata, ilmu komputer digunakan dalam banyak hal di kehidupan kita.

Ilmu komputer ada di mana-mana


Perkembangan Ilmu Komputer

             Memang sudah kodrat manusia untuk ingin terus mencari tahu dan pada akhirnya berkembang, ilmu yang dipelajari manusia juga ikut berkembang. Ilmu komputer yang awalnya hanya untuk memecahkan kode, berkembang ke bidang komunikasi, media, basis data, hiburan, juga ke ranah ilmu pengetahuan lain.

             Nah, di antaranya ada sistem informasi dan teknologi informasi. Mari kita lanjut ke pembahasan sistem informasi dan teknologi informasi.
 
Sistem Informasi

             Sistem adalah elemen-elemen yang atau komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan. Informasi adalah data yang sudah diolah sedemikian oleh suatu proses sehingga memiliki makna dan dapat digunakan oleh klien (atau peminta informasi). Jadi sistem informasi adalah kumpulan informasi yang saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan.


             Membahas sejarah sistem informasi, kita tidak boleh mengabaikan sejarah informasi itu sendiri, atau dengan kata lain sejarah komunikasi. Manusia awalnya berkirim informasi melalui isyarat, lalu menggunakan suara, dan sampai sekarang  dengan lambang dan bahasa. Bentuk komunikasi paling tua yang pernah tercatat adalah dari 35.000 tahun yang lalu, yaitu lukisan di dalam gua Leang Pettae dan Leang Petta Kere di daerah Maros, Sulawesi Selatan yang menggambarkan kehidupan masyarakat saat itu. Kita loncat dari gua ke zaman elektronik. Pada zaman elektronik kita berkirim informasi lewat telegram, telepon, dan pada akhirnya dengan internet.

             Masih nyambung dengan Perang Dunia II, sistem informasi lahir dari para ilmuwan pembuat senjata (atau Operations Research) yang sangat-sangat ahli di bidangnya masuk ke dunia bisnis dan industri. Jadi ceritanya setelah perang dunia kedua berakhir, mereka yang telibat dalam OR tersebut, terutama di Amerika Serikat, menggunakan mesinTuring untuk menyimulasikan sistem yang lebih besar dan rumit dalam bisnis dan industri agar menggunakan modal belanja sedemikian supaya menghasilkan untung.

             Pada tahun 1960-an, sebenarnya sudah ada alat telekomunikasi yang digunakan industri untuk berhubungan secara internal dari mana pun di seluruh dunia, yaitu mesin TELEX. Biasanya di masa itu, penggunaan komputer (termasuk TELEX) masih dipegang bagian keuangan, karena bagian keuangan yang paham menggunakan mesin pengolah angka. Tapi  sekarang bagian IT dan keuangan sudah terpisah mengingat kebutuhan bisnis dan industri yang lain yaitu basis data. Atau sekarang masih digabung? Bagian IT masih subbagian dari keuangan? Silakan komentar di bawah ya..
 


             Tapi lagi-lagi dunia bisnis dan industri tidak cukup dengan menghasilkan keuntungan saja. Berikut ini beberapa tipe umum sistem informasi :

  • Sistem Proses Transaksi
             Pernah memesan tiket perjalanan? Kalau iya, berarti kalian sudah pernah berhadapan dengan sistem proses transaksi. SPT merupakan penyedia data kunci untuk mendukung operasi seluruh kegiatan manajemen. Data biasanya didapat melalui proses semi-otomatis atau melalui transaksi biasa. SPT ini biasanya berada di garis depan perusahaan.  

  • Sistem Informasi Manajemen
             Naik satu tingkat ada SIM. Seperti namanya, SIM sudah masuk tingkat manajemen. Fungsinya adalah memastikan organisasi berjalan dengan lancar namun dalam periode singkat atau menengah saja. Kalau dianalogikan seperti kalian yang memastikan uang saku selama sebulan masih bakal ada sisa 80%-nya sampai minggu pertama bulan itu.
  • Sistem Penunjang Keputusan
             Naik lagi satu tingkat ada sistem penunjang keputusan. SPK bisa dilihat sebagai sistem informasi berbasis pengetahuan, karena fungsinya adalah menganalisa informasi terstruktur yang sudah ada di perusahaan saat itu supaya dapat memberikan manajer perusahaan apa yang mungkin terjadi ke depan jika suatu keputusan diambil. Contoh sistem penunjang keputusan adalah sistem perencanaan finansial dan sistem kelompok penunjang pengambil keputusan.
  • Sistem Informasi Eksekutif
             Di tingkat tertinggi ada sistem informasi eksekutif. SIE bertugas membantu eksekutif dan manajer senior perusahaan menganalisa lingkungan tempat organisasi berjalan, mengidentifikasi tren jangka panjang yang akan terjadi dan merencanakan serangkaian hal yang sebaiknya dilakukan perusahaan. Agak mirip dengan SPK, namun SIE dirancang agar bekerja langsung di bawah eksekutif perusahaan. SIE biasanya adalah seorang individu dan dibuat betul-betul sesuai dengan suatu kelompok klien.
Teknologi Infomasi



             Sekarang kita masuk ke pembahasan teknologi informasi. Teknologi informasi secara umum adalah segala sesuatu yang mempermudah manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan mau pun menyebarkan informasi.  

             Menilik dari sejarahnya, teknologi informasi adalah bagian tak terpisahkan dari sistem informasi.  Dari sejak manusia berkomunikasi dengan suara, isyarat maupun gambar dan lambang, manusia sadar bahwa penyampaian informasi harus menggunakan jembatan yang menghubungkan penyampai informasi dengan penerima informasi. Jembatan penghubung itu disebut teknologi sedangkan suara, isyarat maupun gambar dan lambang adalah teknologinya. Bahasa, huruf, angka, lempung, kertas papirus, alat cetak, surat, lalu telegram, telepon dan internet adalah teknologi yang manusia pakai demi tersampaikannya informasi. Ya, jangan lupakan juga komputer, radio, televisi, dan smartphone.

             Lalu bagaimana "teknologi informasi muncul " ? Teknologi informasi muncul karena komputer atau teknologi lainnya tidak lagi efisien dan efektif bila bekerja secara sendiri (hanya bisa diakses di satu lokasi). Bayangkan jika ATM hanya berfungsi sebagai pencetak nomor urut transaksi tunai di bank. Seseorang yang sedang butuh uang tunai sesegera mingkin pasti akan kerepotan karena harus pergi ke bank dahulu, lalu menunggu antrian. Kalau banknya dekat dengan ATM mungkin tidak masalah, tapi jika antreannya panjang? Untuk itulah komputer dan teknologi lainnya perlu infrastruktur komunikasi. Gabungan dari teknologi dan infrastruktur komunikasi disebut dengan teknologi informasi komunikasi atau singkatnya teknologi informasi.

             Teknologi informasi itu luas sekali ranahnya, karena di semua cabang turunan ilmu komputer pasti terdapat teknologi informasi. Pada ranah sistem informasi ada basis data dan perangkat lunak untuk membuat, menyunting dan menyimpannya. Pada ranah sistem komputer ada istilah jaringan. Pada ranah teknik komputer ada chip yang punya fungsi beragam. 


Jadi ada apa dengan SI - TI ?

              Dari pembahasan sejarah keduanya, kita bisa menyatakan bahwa sistem informasi dan teknologi informasi berbeda pada topiknya. Bisa pula dibilang SI adalah software dan TI adalah hardware. Di atas saya sudah menuliskan definisi sistem informasi, yaitu gabungan dari elemen-elemen. Termasuk dalam elemen-elemen itu adalah teknologi informasi. Cakupan keduanya juga berbeda: sistem informasi lebih ke manajemen sedang teknologi informasi adalah semua hal yg membantu pemrosesan informasi. Ya, sesimpel itu perbedaan antara keduanya.

               Sebagai penutup, saya akan membahas sekilas tentang jurusan ilmu komputer, jurusan teknologi informasi dan jurusan teknik informatika. Ketiganya sama-sama mempelajari yang intinya bagaimana berkomunikasi dengan komputer supaya melakukan sesuatu yang kita mau. Mata kuliah yang disediakan serupa antara keduanya. Perbedaannya hanya pada penamaan. Universitas, institut atau sekolah tinggi memakai nama "komputer" karena tolok pendidikannya adalah negara di Amerika. Sedangkan yang menggunakan nama "informasi/informatika", tolok pendidikannya adalah negara di Eropa. Tapi sebenarnya adalah hak penyelenggara pendidikan tinggi untuk menamai jurusan bertema komputer yang dimilikinya. 

                Sekian pembahasan saya mengenai sistem informasi dan teknologi informasi. Semoga bermanfaat 

Referensi :

Andre. “Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?” Duniailkom. http://www.duniailkom.com/apa-perbedaan-jurusan-ilmu-komputer-teknik-informatika-sistem-informasi-dan-teknik-komputer/  (diakses pada 8 Oktober 2016)

____. “Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi?” Duniailkom. http://www.duniailkom.com/apa-saja-yang-dipelajari-di-jurusan-sistem-informasi/ (diakses pada 8 Oktober 2016)

Creative Display Now.com. “History of Communication from Cave Drawings to the Web.” Creative Display Now.com. http://www.creativedisplaysnow.com/articles/history-of-communication-from-cave-drawings-to-the-web/ (diakses pada 9 Oktober 2016)

Euromed Marsielle School of Management. "Information Systems and Strategy, Session 1, Types of Information System and the Classic Pyramid Model." Chris-kimble.com. http://www.chris-kimble.com/Courses/World_Med_MBA/Types-of-Information-System.html (diakses pada 9 Oktober 2016)

Liandri, Irfan. “Sejarah Ilmu Komputer.” Berbagi Ilmu Komputer. http://ilmukomputerkreatifitas.blogspot.co.id/2012/07/kisah-lahirnya-microsoft.html (diakses pada 8 Oktober 2016)

Marchant, Jo. ”A Journey to the Oldest Cave Paintings in the World”. Smithsonian.com. http://www.smithsonianmag.com/history/journey-oldest-cave-paintings-world-180957685/?no-ist (diakses pada 9 Oktober 2016)

Prakoso, Johanes Randy. “Long Weekend di Makassar, Lihat Lukisan Gua Ribuan Tahun di Leang-leang.” detiktravel. http://travel.detik.com/read/2016/05/03/160340/3202827/1519/long-weekend-di-makassar-lihat-lukisan-gua-ribuan-tahun-di-leang-leang (diakses pada 10 Oktober 2016)

Rofalina, Fanny. “Mengupas Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.” Zenius.net. https://www.google.co.id/search?q=perbedaan+ilmu+komputer+dan+sistem+informasi+ui&sourceid=chrome&ie=UTF-8# (diakses pada 8 Oktober 2016)

Surya, Rendra Trisyanto. "Komputer, Teknologi Informasi atau Sistem Informasi? (Dari Catatan Kuliah PTI)." Kompasiana. http://m.kompasiana.com/rendratris/komputer-teknologi-informasi-atau-sistem-informasi-dari-catatan-kuliah-pti_551c188da33311da2bb65a2f (diakses pada 9 Oktober 2016)

Trifecta News Indonesia. “Kisah Alan Turing : Pemecah Kode Sandi Mesin Enigma Milik Nazi.” Darkofjoker. https://darkofjoker.blogspot.com/2015/04/kisahalanturingpemecahkodesandi.html?m=1 (diakses pada 9 Oktober 2016)

University of Houston. http://www.uh.edu/~mrana/try.htm (diakses pada 8 Oktober 2016)

Wikipedia. “Ilmu komputer.” Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_komputer#Hubungan_Informatika_dengan_bidang_lain (diakses pada 8 Oktober 2016)

________. “Mesin Turing.” Wikipedia. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mesin_Turing (diakses pada 8 Oktober 2016)

________. “Turing machine.” Wikipedia. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Turing_machine (diakses pada 8 Oktober 2016)

4 komentar: