Kamis, 19 Oktober 2017

Apakah Mesin Dapat Dibuat Cerdas? Akankah Kecerdasan Mesin Mengalahkan Manusia?

Artikel ini saya tulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

Apakah mesin dapat dibuat cerdas? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut saya ingin mengklarifikasi istilah mesin pada artikel ini. Pada artikel ini yang dimaksud dengan mesin adalah komputer. Maka jika ditulis ulang, pertanyaan tadi menjadi "apakah komputer dapat dibuat cerdas?" 

Jawabannya ya, komputer dapat dibuat cerdas. Yang disebut cerdas tentu bukan komputernya, melainkan sistemnya–program aplikasinya. Kecerdasan yang demikian ini lazim kita ketahui sebagai artificial intelligence (kecerdasan buatan). Secara garis besar pembuat sistem memberi (menanamkan) pengetahuan kepada sistem buatannya hingga sistem mencapai tingkat pengetahuan yang diinginkan. Idealnya si sistem kemudian dapat mencari dan mendapat pengetahuan secara mandiri dari inputan-inputan yang diterima si sistem.

Baiklah saya beri contoh cara "mencerdaskan" mesin: misal kita ingin membuat aplikasi speech recognition yang dapat mengenali 100.000 kata. Untuk itu kita membutuhkan sejumlah x layer dan y neuron, yang mana tiap neuron memiliki hubungan ke layer 1 sampai x.

Mengingat bahwa mesin memiliki kemampuan komputasi yang tinggi, ditambah kemampunan sistem dapat belajar sendiri, maka secara gamblang kita bisa katakan mesin dapat mengalahkan manusia. Tetapi kenyataannya tidak–tidak untuk dalam waktu yang cepat. Saat ini kecerdasan buatan masih membutuhkan perangkat keras untuk mendukung kecerdasannya. Di masa mendatang mungkin saja kecerdasan buatan hanya perlu perangkat lunak sebagai pendukung kecerdasannya. Selain itu kita harus mengingat manusialah yang membuat sistem cerdas. Dengan kata lain manusia memiliki kemampuan mencipta dari berbagai informasi yang tidak terstruktur.

Referensi :
Hawkins, Jeff dan Sandra Blakeslee. On Intelligence.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar